RAGAM MANFA'AT merupakan Artikel atau konten tentang Info, Tips yang dapat menambah wawasan dalam kehidupan kita sehari hari.

Saturday, September 29, 2018

PENGUSIR TUPAI PADA TANAMAN

Pada kesenpatan kali ini saya coba berbagi pengalaman, pada umumnya di Indonesia sebahagian masyarakat menggantungkan kehidupannya pada pertanian dan perkebunan. 

Kerap kali para pekebun di daerah sumatra misalkan, banyak sekali perkebunan tanaman kelapa, sayuran, coklat atau kakau bahkan duren.

Sebagian pekebun mengeluhkan salah satunya ialah serangan hama tupai atau bajing. 


Langsung aja, ada beberapa trik cara usir
Tupai pada tanaman.
Kita ambil contoh pada tanaman duren misalnya, langkah pertama kita siapkan peralatannya terlebih dahulu, diantaranya adalah permen karet atau jaring kecil (bisa kita temukan pada wadah lengkeng yang dijual dipedagang buah), kamper.

Setelah siap semua peralatan, langsung saja kita panjat pohon duren tersebut, kemudian pasanglah kamper tersebut dibatang antara buah duren tersebut di pangkal dan di ujung (antara buah duren tsb.) supaya saat tupai mendekati buah duren tsb tidak jadi, karena aroma kamper tersebut.
 memang cara ini bukan membunuhnya tapi mengusirnya.

Kalo merekatkan dgn permen karet, kunyah terlebih dahulu permen karet sebentar, tempelkan pada dahan duren yg ada buahnya, kemudian tempelkan kamper tsb pada permen karet tadi (Buat tiga pasang keliling) dan bisa juga memasang kampernya dengan jaring, Masukan beberapa kamper pada jaring kecil kemudian ikatkan pada dahan yang berbuah tadi, lakukan juga pada pangkal dahan seperti itu juga, Lakukan pengisian ulang jika kamper tersebut jika kamper sudah hampir habis.
Dan lihatlah hasilnya, nuscaya tupai atau bajing  tidak mau mendekat. Satu hal yang dapat dikrjakan hindari dahan lain yang mendekat dgn cara memotongnya, supaya tidak bisa dijangkau dari dahan lain.
Bahkan sebahagian pekebun ada juga yang menggunakan bahan pembersih kamar mandi ( karbol atau juga byclin ).
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.





1 comment: